Template Style Suwanda Sitorus /* ---------------------------------------------- Blogger Template Style Name Template : Picture Wanda Windows Designer : Josh Peterson Author : Suwanda Sitorus Redaktur : Suwanda Sitorus Url : plus.google.com/+SuwandaSitorus/about Updated by : Blogger Team Suwanda Sitorus This free Blogger template is licensed under the Creative Commons Attribution 3.0 License, which permits both personal and commercial use. However, to satisfy the 'attribution' clause of the license, you are required to keep the footer links which provides due credit to its authors and supporters. For more specific details about the license, you may visit the URL below: http://creativecommons.org/licenses/by/3.0/ http://creativecommons.org/licenses/by/3.0/deed.id ----------------------------------------------- */
teamd4f.net
http://suwandasitorus.blogspot.com/#

Sabtu, 01 Februari 2014

Memperbaiki Android Tidak Bisa Menerima SMS - Cusrom Android


Postingan kali ini saya akan ulas mengenai masalah pada Custom Rom yang mana program SMS-nya tidak bekerja. Terutama yang mengalami masalah tidak bisa menerima SMS pada ponsel Samsung Galaxy Young yang memakai Cusrom. Apapun bentuk cusromnya baik itu Cyngamod, Repencis, Jellyblast cara ini bisa di gunakan untuk memperbaiki kerusakan pada SMS.

Ya, postingan ini saya khususkan untuk Galyoung yang memakai Cusrom. Tapi juga berlaku untuk HP lain yang mengalami masalah yang sama.

Beberapa waktu lalu di sebuah forum tanya-jawab ada yang menanyakan mengenai masalah Cusrom ini. Sempat saya jawab dan saya tinggalkan nomor ponsel saya. Alhasil ternyata banyak sekali yang menghubungi saya dari forum tersebut. Berhubung saya tidak bisa selalu menjawab SMS dengan cepat dan terkadang saya lupa untuk membalasnya serta malas untuk menjelaskan berulang kali kepada orang yang berbeda, saya buatkan postingan ini.

Sedikit ulasan, banyak yang salah kaprah tentang Cusrom (Custom ROM). Ada yang beranggapan Cusrom adalah OS, mereka berpikir dengan mengupgrade (Sebutan yang salah) cusrom berarti menaikkan OS dari Gingerbread ke ICS ataupun Jellybean. Dengan maksud ingin mencicipi beberapa fitur dan aplikasi yang hanya bisa digunakan di versi ICS ke atas. Contohnya pada kasus munculnya BBM untuk android. Semua berlomba ingin mengupgrade OS-nya yang dari Gingerbread ke Jellybean. Padahal yang dilakukan tersebut tidak akan berguna dan bisa menggunakan aplikasi BBM.

Secara sederhana, Cusrom adalah sebuah paket program dan aplikasi yang di kemas dalam sebuah file yang bisa di timpakan pada ponsel, sehingga mengganti beberapa aplikasi dan program standar ke yang baru (kemasan tadi). Cusrom bukanlah OS (Operation System).

Paham...????

Ibaratnya Cusrom adalah baju, apapun bentuk bajunya, di ganti dengan apapun bajunya, manusianya tetaplah sama. Hanya penampilannya yang berbeda. Laki-laki walaupun memakai baju wanita, tetap saja dia adalah laki-laki. Dan OS (Operation System) Gingerbread tidak akan mungkin jadi Jellybean.

Sekarang paham...???

Kalau masih belum paham, mandi  dulu.. wkwkwkwkwkwkwkwkwk (becanda)

Ok, jika kamu masih tetap ingin menggunakan Cusrom yang kamu pilih, dan ingin memperbaiki program SMS-nya silahkan lanjutkan baca postingan ini dan ikuti tahapnya dengan benar.

Pertama, Silahkan download dulu file-file di bawah ini:
  1. Root Explorer
  2. Mms.rar

Masukkan kedua file tersebut ke ponsel Anda, saya umpamakan di simpan pada SDCard (tidak dalam folder). Selanjutnya ikuti langkah di bawah ini dengan benar, semua dilakukan pada ponsel:

  1. Ganti nama file Mms.zip menjadi Mms.apk (file yang di download tadi)
  2. Install aplikasi Root Explorer
  3. Jika sudah diinstall, buka Root Explorer tersebut
  4. Cari dan masuk kedalam folder system -> app.
  5. Cari file Mms.apk di folder tersebut, kemudian hapus.
  6. Catatan: Jika file tidak bisa dihapus, perhatikan pada bagian atas layar ada tombol mounted r/o, tekan sehingga berubah menjadi r/w. Lalu coba lagi hapus file Mms.apk tadi.
  7. Jika sudah terhapus, kembali cari file Mms.apk yang Anda download tadi (dalam folder sdcard) lalu pindahkan ke folder tersebut (system -> app)
  8. Jika sudah dipaste, tekan dan tahan file Mms.apk, lalu pilih "Permission"
  9. Centang ke semua pilihan tindakan seperti pada gambar, klik OK.
  10. Jika sudah selesai keluar dan restart ponsel Anda

Silahkan dicoba SMS-nya, semoga sudah berjalan dengan baik dan tidak ada masalah lagi. Sebenarnya masih ada cara lain untuk memperbaiki masalah ini. Seperti menggunakan systemreplacing, menggandakan aplikasi, dan lain-lain. Tapi saya rasa cara ini adalah cara yang paling mudah.
.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
.
Trimakasih dengan postingan yang di buat oleh sumber, dan aku punya cara lain dengan menurut aku sendiri lebih sempurna: dengan gabungan cara yang ada diposting atas hanya saja Mms.rar yang di ganti namanya jadi Mms.apk dan aku menggunakan GO SMS PRO.apk di ganti namanya jadi Mms.apk ; (dan silahkan instal juga GO SMS Pro Emoji Plugin.apk dengan cara penginstalan seperti biasa)

  1. Framaroot-1.8.0 All Android.apk
  2. Root Explorer
  3. GO SMS Pro yang telah aku ubah jadi Mms.apk
  4. GO SMS Pro Emoji Plugin.apk

 :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar